PERPUSTAKAAN PUSAT

UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

PERPUSTAKAAN PUSAT

UIN MAULANA MALIK IBRAHIM

Pada tanggal 20 dan 21 September 2018, 13 (tiga belas) pustakawan dan staf Perpustakaan Pusat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengikuti kegiatan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pustakawan dan Staf Perpustakaan dengan melakukan kunjungan ke Perpustakaan Universitas Indonesia (UI) dan Perpustakaan Nasional RepubIik Indonesia (Perpusnas RI). Rombongan ini dipimpin oleh Bapak Mufid. Selama berkegiatan, seluruh peserta mengikuti pelatihan dengan antusias dan penuh semangat.

Perpustakaan Universitas Indonesia merupakan tempat pertama yang kami kunjungi, di Perpustakaan UI kami disambut oleh Ibu Etty Setyawati (Koordinator Administrasi Umum & Fasilitas), dan didampingi Ibu Mariyah (Koordinator Layanan perpustakaan), dan Ibu Cempaka Putri Andiani (Humas Perpustakaan). Selanjutnya dalam kegiatan ini, Ibu Etty menyampaikan materi kepada kami tentang berbagai kegiatan layanan beserta jenisnya. Ada beberapa jenis layanan perpustakaan UI yang unik dan menjadi distingsi, antara lain layanan koleksi klasik, dan pustakawan riset. Setelah penyampaian materi, dilanjutkan dengan kegiatan tanya jawab, kami pun dengan antusias menanyakan berbagai macam pertanyaan secara mendalam terkait materi yang disampaikan. Kemudian kami pun diajak untuk melihat kegiatan layanan secara langsung (library tour) ke berbagai layanan perpustakaan UI yang menjadi distingsi dan keunggulannya.

Setelah kunjungan ke Perpustakaan Universitas Indonesia, keesokan harinya dilanjutkan dengan mengikuti kegiatan pelatihan dan kunjungan ke Perpusnas RI. Saat berkunjung ke Perpusnas RI, kami disambut oleh Ketua Bidang Layanan Koleksi Umum, Bapak Agus Sutoyo dan Ibu Hety bagian pelayanan administrasi. Dalam kunjungan ini, kami  mendapatkan pencerahan berbagai layanan yang tersedia di Perpusnas RI oleh Bapak Agus Sutoyo. Pada saat library tour, program layanan yang sangat menarik adalah layanan koleksi Budaya Nusantara, dan layanan khusus difabel.

Berbagai layanan unik yang ada di Perpustakaan UI dan Perpusnas RI tentunya menjadi inspirasi bagi peserta untuk bisa diterapkan di Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sebagai layanan unggulan atau distingsi dengan perpustakaan PTKIN lainnya. Peserta juga diberi kesempatan untuk mendaftar menjadi anggota perpusnas dan pencetakan kartu anggota secara gratis.

Program Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pustakawan dan Staf Perpustakaan ini merupakan bagian dari program CPD (Continuing Professional Development) pustakawan dan staf perpustakaan yang dilaksanakan setiap tahun.  Melalui program ini diharapkan berdampak pada peningkatan kompetensi pustakawan dan staf perpustakaan yang bermuara pada perbaikan dan peningkatan pelayanan perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ke arah yang lebih baik (HKN).

Share.

Comments are closed.