PERPUSTAKAAN PUSAT

UIN MAULANA MALIK IBRAHIM

MALANG

PERPUSTAKAAN PUSAT

UIN MAULANA MALIK IBRAHIM

PUSAT PERPUSTAKAAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

PENDAHULUAN

Keberadaan perpustakaan sejak berdirinya Fakultas Tarbiyah Malang Cabang IAIN Sunan Kalijaga Tahun 1961. Saat ini Perpustakaan menempati Gedung tersendiri seluas 8840 M2 yang terdiri dari 4 lantai yaitu lantai dasar (area parkir), lantai 1 (area sosial), lantai 2 (area riset), dan lantai 4 (area koleksi). 

Dalam perkembangannya, berbagai ikhtiar dilakukan oleh perpustakaan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi sivitas akademika dan untuk mendukung tercapai mimpi besar universitas yang telah ditetapkan dalam visi, misi, dan tujuan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Ikhtiar ini meliputi peningkatan dan perbaikan kualitas layanan melalui peningkatan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia, layanan dan fasilitas perpustakaan. Wujud dari ikhtiar dan komitmen perpustakaan untuk melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas layanan, di antaranya, telah berhasil dua kali terakreditasi A yaitu periode akreditasi (2017-2020) dan (2020-2025). Selain itu, ikhtiar lain adalah memperluas jejaring melalui kerjasama antar perpustakaan, asosiasi perpustakaan tingkat nasional dan internasional. Sejak 2021, perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menjadi anggota IFLA (International Federation of Library Associations and Institutions) dan IATUL (International Association of University Libraries).

KEDUDUKAN, TUGAS DAN FUNGSI PUSAT PERPUSTAKAAN

Pusat Perpustakaan sebagai bagian integral UIN Maulana Malik Ibrahim Malang memiliki peran penting untuk menfasilitasi sumber belajar dalam memenuhi kebutuhan program-program pendidikan, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat. Berdasarkan Peraturan Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Nomor 3872 Tahun 2020 tentang Pedoman Kerja Pusat Perpustakaan yang meliputi kedudukan, tugas dan fungsi perpustakaan serta struktur organisasi perpustakaan sebagai berikut:

Kedudukan

  1. Pusat Perpustakaan adalah Unit  Pelaksana  Teknis  (UPT)  merupakan  unsur penunjang  dalam  penyelenggaraan pendidikan di lingkungan Universitas.
  2. Pusat  Perpustakaan  dipimpin  oleh seorang Kepala yang diangkat oleh Rektor, berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga.

Tugas

Pusat Perpustakaan memiliki tugas melaksanakan pelayanan, pembinaan dan pengembangan kepustakaan, mengadakan kerja sama antar perpustakaan, mengendalikan, mengevaluasi, dan menyusun laporan kepustakaan.

Fungsi

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3, Pusat Perpustakaan dalam menjalankan tugasnya memiliki fungsi antara lain:

  1. perumusan dan penetapan visi, misi, tujuan dan perencanaan program strategis;
  2. menyelenggarakan dan pengelolaan layanan, pembinaan dan pengembangan kepustakaan, kerja sama  antar  perpustakaan; dan
  3. mengendalikan, mengevaluasi, dan menyusun laporan kepustakaan

STRUKTUR PERPUSTAKAAN

Selanjutnya, untuk menjalankan tugas perpustakaan telah disusun struktur organisasi perpustakaan. Susunan struktur perpustakaan bersifat dinamis seusai perkembangan kebutuhan untuk menjamin efektivitas dan profesionalisme dalam menjalankan tugas perpustakaan. Struktur organisasi perpustakaan saat ini terdiri dari:

  1. Kepala;
  2. Sekretaris;
  3. Administrasi dan Ketatausahaan;
  4. Koordinator Pengembangan dan Pengolahan Koleksi
  5. Koordinator Layanan Pemustaka;
  6. Koordinator Program Pendidikandan pelatihan
  7. Koordinator Pengembangan Teknologi Informasi
  8. Kelompok Pustakawan;

Selanjutnya beberapa nama-nama yang menjadi kepala perpustakaan dan periode kepemimpinan perpustakaan mulai dari status sebagai Perpustakaan STAIN sampai dengan Pusat Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sebagai berikut:

  1. Istiadah (1997-2000)
  2. Muhammad Yunus (2000-2001)
  3. Imron Rosyidi (2001-2013)
  4. Faizuddin Harliansyah (2013-2019)
  5. Mufid (2019-2025)

RENCANA SRATEGIS PERPUSTAKAAN

Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, perpustakaan telah menetapkan rencana strategis jangka pendek dan jangka panjang untuk mendukung tercapainya tujuan universitas. Program-program yang direncanakan dalam setiap tahapan dengan mempertimbangkan beberapa aspek dan isu strategis yang berkembang baik pada level universitas, nasional maupun internasional.

Berdasarkan renstra yang ditetapkan, sekarang ini pengembangan perpustakaan diarahkan untuk memperoleh pengakuan dan reputasi tingkat regional sebagai tahap untuk menuju internasionalisasi perpustakaan. Program-program yang direncanakan diarahkan pada konsep pengembangan Smart university library dengan empat dimensi fokus utama: Smart services, smart people, smart governance dan smart place. Antara lain, program pengembangan infrastruktur digital dan desain ruang fisik, keterlibatan pustakawan, akreditasi, penyedian sumber daya informasi ilmiah elektronik, dan kerjasama perpustakaan.

Munculnya pandemi covid-19 berdampak pada perubahan budaya baca dan pencarian informasi ilmiah pemustaka secara revolusioner dari konvensional ke dunia digital. Sebagai upaya merespon perubahan ini, perpustakaan melakukan berbagai akselerasi dan inovasi berupa transformasi teknologi dan transformasi dari penguatan fungsi ke penguatan peran dengan memperbanyak program-program pelatihan literasi informasi dan advokasi kepada stakeholder.

CAPAIAN PROGRAM PERPUSTAKAAN 2019-2022

Pencapaian pelaksanaan program-program perpustakaan selama 2019-2022  adalah:

  1. Program akreditasi perpustakaan dengan predikat A. Prgram ini bertujuan untuk mengukur kesesuaian mutu tatakelola perpustakaan dengan Standar Nasional Perpustakaan
  2. Program Continuing Professional Development (CPD) pustakawan meliputi keangotaan profesi pustakawan dan asosiasi perpustakaan; Diklat kepustakawanan; konferensi, symposium dan seminar; Program magang bagi staf pengelola koleksi digital dan IT; dan Program Studi lanjut S3. Tujuan Program CPD ini adala untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan pustakawan secara berkelanjutan untuk menjawab kebutuhan pemustaka yang semakin dinamis dan berkembang.
  3. inovasi layanan perpustakaan meliputi Pengembangan perpustakaan digital; desain ruang fisik perpustakaan; perluasan akses ke sumber informasi ilmiah elektronik; program sahabat perpustakaan bidang IT; program mingguan pelatihan literasi informasi secara daring; layanan masa pandemic covid-19; layanan unggah mandiri tugas akhir; dan pembayaran digital. Inovasi ini bertujuan untuk menyelaraskan kebutuhan layanan dan prilaku  pemustaka yang semakin dinamis dan berkembang
  4. Kerjasama antar perpustakaan tingkat nasional dan Internasional yang bertujuan untuk memperluas jejaring secara global dan peningkatan visibilitas perpustakaan di level internasional.

Upaya-upaya strategis untuk menuju smart library merupakan komitmen perpustakaan untuk terus dapat memberikan kontribusi maksimal bagi tercapainya visi, misi, dan tujuan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang khususnya mendukung, dan menfasilitasi lahirnya sarjana-sarjana ulul albab. Di samping itu juga untuk meningkatkan visibilitas perpustakaan di level nasional dan internasional.

(Mufid, 16 Oktober 2022)