PERPUSTAKAAN PUSAT

UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

PERPUSTAKAAN PUSAT

UIN MAULANA MALIK IBRAHIM

Studi Benchmarking Pusat Perpustakaan UIN Malang ke Perpustakaan UGM, UIN Sunan Kalijaga dan UII Yogyakarta

Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangka meningkatkan kinerja layanan dan wawasan tentang perpustakaan bagi pustakawan dan staff pusat perpustakaan UIN Malang. Kegiatan benchmarking ini dilakukan ke 3 perguruan tinggi di Yogyakarta, yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan Universitas Islam Indonesia (UII). Pada tanggal 18 Agustuas 2016 kegiatan dimulai dengan mengunjungi perpustakaan UGM, Acara berlangsung di ruang pertemuan, dan dipandu oleh Humas perpustakaan UGM, ibu Nurcahyati Wahyuni. Selanjutnya sambutan Bapak Faizuddin Harliansyah selaku kepala perpustakaan UIN Malang, yang memberikan sambutan terkait tujuan dan harapan kunjungan ini sharing informasi layanan perpustakaan sebagai bentuk meningkatkan wawasan pengetahuan perpustakaan perguruan tinggi bagi staf perpustakaan UIN Malang. Selanjutnya sambutan oleh, Ibu Dra. Nawang Purwanti, M.Lib selaku Kepala Perpustakaan UGM yang memberikan sambutan berupa penjelasan sekilas tentang Perpustakaan UGM. Yang juga didampingi oleh Bapak Wahyu Supriyanto selaku Kabid Layanan. Selanjutnya kami library tour ke setiap sudut ruangan perpustakaan UGM, dimulai dari lantai 2, ruang tugas akhir, ruang computer dan reading café. Setelah puas berkeliling dilantai 2 rombongan langsung diajak menuju ke lantai 3, yang terdapat ruang Hatta Corner, dan terakhir kami mengunjungi ruang sirkulasi buku sembari mendengarkan penjelasan dari petugas layanan, dan diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan foto bersama.

Kegiatan selanjutnya berkunjung ke direktorat perpustakaaan Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Rombongan diterima langsung oleh oleh Direktur Direktorat Perpustakaan UII dan lima (5) Kepala Divisi Direktorat Perpustakaan UII. Acara dimulai dengan sambutan Direktur direktorat UII Bapak Joko Sugeng Prianto, S.IP., M.Hum yang mengungkapkan rasa bangga karena direktorat perpustakaan UII menjadi salah satu tujuan kunjungan, beliau juga mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada rombongan perpustakaan UIN Malang. kemudian selanjutnya sambutan oleh bapak Faizuddin Harliansyah, MIM selaku kepala perpustakaan UIN Malang yang kembali menjelaskan maksud dan tujuan kedatangan rombongan staff Perpustakaan UIN Malang, yakni dalam rangka bersilaturrahmi, tholabul ‘ilmi, dan menjalin kerja sama dengan UII baik secara formal maupun informal sekaligus menambah wawasan pengetahuan perpustakaan melalui kegiatan benchmarking ini. Selanjutnya pemutaran profil perpustakaan UII, sembari mendengarkan pemaparan bapak direktur direktorat perpustakaan UII. Sesi selanjutnya yaitu Tanya jawab, rombongan staff perpustakaan UIN malang sangat antusias, terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan. Selanjutnya rombongan diajak library tour ke seluruh bagian divisi yaitu Divisi Pelayanan Pemakai, Divisi Infomasi Teknologi dan Jaringan, Divisi Pengolahan Teknis. Tak lupa kami rombongan juga mengunjungi museum dan candi kimpulan yang memang terdapat di sisi depan direktorat perpustakaan UII, dan diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan foto bersama.

Pada tanggal 19 Agustus 2016, Rombongan mengunjungi perpustakaan Universitas Islam Negeri (UIN) Yogyakarta, Rombongan diterima oleh Kepala Perpustakaan UIN sunan kalijaga beserta staf. Acara diawali dengan sambutan oleh Ibu Labibah Zain, M.LIS, beliau mengungkapkan rasa syukur, terima kasih dan selamat datang atas kedatangan rombongan staff perpustakaan UIN Malang. Beliau memaparkan sekilas tentang manajemen perpustakaan UIN Sunan kalijaga dan juga rencana perpustakaan yang akan mengeluarkan sertifikat Information Literacy (IL) bagi mahasiswa UIN Sunan Kalijaga sebagai syarat kelulusan. Selanjutnya sambutan oleh bapak Faizuddin Harliansyah, MIM selaku kepala perpustakaan UIN Malang yang mengungkapkan rasa syukur dan terimakasih atas sambutan hangat dari perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, beliau juga menjelaskan maksud dan tujuan kedatangan rombongan staff Perpustakaan UIN Malang, yakni dalam rangka bersilaturrahmi, tholabul ‘ilmi, dan menambah wawasan pengetahuan perpustakaan melalui kegiatan benchmarking ini. Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan layanan perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan sesi Tanya jawab, selanjutnya rombongan diajak library tour ke seluruh sudut ruangan perpustakaan mulai dari lantai 2, ruang tugas akhir, koleksi referensi, ruang terbitan berseri. Lantai 3, ruang koleksi islam, Canadian corner, Arabian corner, peminjaman mandiri, Lantai 4 research currel, ruang tandon buku dan koleksi umum perpustakaan, selanjutnya menuju lantai 1, pengembalian mandiri, ruang pengolahan, difabel corner dan pusat informasi, dan diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan dan foto bersama.

Share.

Comments are closed.