PERPUSTAKAAN PUSAT

UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

PERPUSTAKAAN PUSAT

UIN MAULANA MALIK IBRAHIM

Pada Kamis, 11 Juli 2024, Pusat Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang bekerja sama dengan Direktorat Repositori Multimedia dan Penerbitan Ilmiah BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) mengadakan kegiatan sosialisasi program Aktualisasi Pengetahuan Lokal (APL). APL merupakan inisiasi BRIN untuk memperoleh dan mendokumentasikan konten pengetahuan lokal yang diterbitkan di Indonesia. Acara yang berlangsung secara daring ini berjalan sukses dan dihadiri oleh kurang lebih 70 peserta dari dalam maupun luar UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Kepala Perpustakaan, Bapak Mufid, M.Hum, mengawali dengan pidato sambutan untuk peserta. Dalam pengantarnya, beliau menyampaikan pentingnya bagi para peneliti dan akademisi untuk terus berkontribusi menulis dan berbagi pengetahuan. Beliau juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada BRIN yang telah memfasilitasi para penulis untuk mendiseminasikan karyanya melalui program APL.

Program APL sendiri dilatarbelakangi oleh keinsafan bahwa pengetahuan lokal Indonesia, seperti warisan budaya, adat-istiadat, dan keanekaragaman hayati, belum terdokumentasikan dengan baik. Kekayaan ini dikhawatirkan akan berangsung-angsur hilang di kemudian hari jika tidak ada upaya konservasi yang serius. Adapun format karya yang bisa dinominasikan di APL adalah buku dan karya audio-visual. Program ini terbuka untuk diikuti oleh seluruh masyarakat, baik periset, dosen, guru, mahasiswa, pelajar, kreator, maupun komunitas atau penggiat kemasyarakatan dan kebudayaan lainnya. Informasi selengkapnya mengenai program APL BRIN dapat diakses melalui https://linktr.ee/akuisisiBRIN.

Share.

Comments are closed.