PERPUSTAKAAN PUSAT

UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

PERPUSTAKAAN PUSAT

UIN MAULANA MALIK IBRAHIM

Pelatihan Online Research Skill (ORS) bertujuan untuk mendukung peningkatan kualitas studi dan penelitian bagi civitas akademika UIN Malang, Kegiatan ini berlangsung pada Jumat, 1 September 2023 di Ruang Literasi Informasi Pusat Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang digelar secara hybrid dan dihadiri oleh 35 peserta baik secara luring dan daring. Acara dibuka oleh pegawai pusat perpustakaan, Rosy Fadilatul Ilmi, S.S.I dan dilanjutkan dengan sambutan oleh kepala pusat perpustakaan UIN Malang, bapak Mufid, M. Hum sekaligus membuka secara resmi Pekan Kunjung Perpustakaan (PKP) 2023 yang digelar hingga tanggal 14 september 2023.

Pelatihan Online Research Skill

Pelatihan ini disampaikan oleh pustakawan pertama, Ibu Dian Anesti, S.IIP, dengan penyampaian materi diantaranya memperkenalkan sumber-sumber informasi ilmiah elektronik (database jurnal) berlangganan maupun dengan akses terbuka (open access) yang sudah dilanggan oleh Perpustakaan UIN Malang, mengenalkan beberapa database jurnal yang dilanggan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) dan juga aplikasi iPusnas yang bisa digunakan untuk mengakses koleksi digital Perpustakaan Nasional. Pada sesi pelatihan ini peserta diajak secara langsung melakukan praktik bagaimana cara mengakses database jurnal yakni Springer, Emerald Insight, Cambridge Core dan IFLA Journal, sehingga mahasiswa dapat memanfaatkan database jurnal tersebut dengan baik untuk kepentingan studi dan penelitian.

Pelatihan Online Research Skill (ORS)

Selain itu, peserta juga dikenalkan dengan beberapa platform digital yang dikembangkan oleh Pusat Perpustakaan diantaranya etheses, Repository, dan e-resources. Materi dilanjutkan oleh pustakawan muda, ibu Ari Zuntriana, MA, yang memaparkan mengenai cara pengutipan artikel Wikipedia dan cara memanfaatkan koleksi e-resources Perpustakaan Nasional. selain itu, dijelaskan juga mengenai subject repository (PubMed), citation database (Scimago, Scopus, dan Scite). Pada akhir sesi, peserta terlihat antusias dan aktif dalam diskusi dan tanya jawab. Kegiatan ini diakhiri dengan informasi pengumuman teknis mengikuti lomba menelusur artikel jurnal. (Adi S; ed. Heni KN)

 

Share.

Comments are closed.