PERPUSTAKAAN PUSAT

UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

PERPUSTAKAAN PUSAT

UIN MAULANA MALIK IBRAHIM

Perpustakaan UIN Malang bekerjasama dengan iGroup Asia Pacific Ltd mendapatkan akses trial CAS SciFinder-n selama 3 bulan dimulai dr 1 Februari 2023 sampai dengan 1 Mei 2023.

Chemical Abstracts Service (CAS)–sebuah divisi dari American Chemical Society. SciFinder adalah alat penelitian & penemuan yang memungkinkan para peneliti, dosen dan mahasiswa menjelajahi basis data CAS, mencakup literatur dari bidang kimia, termasuk ilmu biomedis, teknik kimia, ilmu material, ilmu pertanian, ilmu lingkungan, farmasi dan banyak lagi.

SciFinder menyediakan perangkat lunak pencarian yang mudah digunakan yang memungkinkan para peneliti, dosen dan mahasiswa untuk mencari database dalam berbagai cara: menggunakan nama penulis, topik penelitian, nama zat kimia atau rumus molekul, struktur kimia, reaksi kimia, dan nama organisasi. Paket gambar struktur memungkinkan para peneliti, dosen dan mahasiswa untuk menggambar struktur di layar dan mencarinya baik sebagai struktur lengkap atau sebagai substruktur dari molekul yang lebih besar.

Beberapa manfaat CAS SciFinder antara lain:

  • Bisa mempelajari cara melakukan penelusuran literatur tentang solusi informasi ilmiah professional seperti SciFindern.
  • Menemukan metode dan prosedur langkah demi langkah untuk penelitian ataupun eksperimen.
  • Dapat menggunakan SciFinder-n sebagai salah satu alat penelitian untuk menyelesaikan proposal penelitian.

Bagi mahasiswa yang sedang menulis tugas akhir seperti skripsi, tesis dan disertasi bisa memulai bagian eksperimental dari proposal penelitian mereka. Mereka bisa mencari referensi di SciFindern yang sesuai dengan hasil percobaan. Mereka juga bisa menggunakan SciFindern untuk mencari informasi yang mendukung atau mengklarifikasi setiap anomali eksperimental atau hasil sebelum melakukan presentasi di depan para dosen penguji.

Segera manfaatkan dengan seoptimal mungkin Trial CAS tapi sebelumnya pastikan memiliki akun pada CAS Scifinder-n terlebih dahulu, caranya cukup mudah antara lain:

  1. Pastikan jaringan internet pada perangkat elektronik seperti laptop / hp terhubung dengan wifi kampus
  2. Klik link berikut untuk registrasi:  https://scifinder.cas.org/registration/index.html?corpKey=1E632A02X86F35040X12A1D6C513C34E8CD5
  1. Pastikan Email yg di daftarkan harus email domain institusi: @uin-malang.ac.id
  2. CAS Scifinder-n akan mengirimkan pesan untuk dikonfirmasi oleh user pada email yang didaftarkan
  3. Setelah klik konfirmasi dan verifikasi Akun telah aktif. Silahkan login melalui link berikut: https://scifinder-n.cas.org/
  4. Jika sudah memiliki akun selanjutnya bisa akses dari manapun tanpa harus terhubung dengan jaringan/ wifi kampus.

 

Share.

Comments are closed.