PERPUSTAKAAN PUSAT

UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

PERPUSTAKAAN PUSAT

UIN MAULANA MALIK IBRAHIM

Pusat Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang bekerjasama dengan APPTIS menyelenggarakan webinar internasional, kegiatan yang dilaksanakan secara hybrid ini dihadiri oleh 325 peserta pustakawan dan pengelola perpustakaan sekolah maupun perguruan tinggi di Malang dan berbagai daerah di Indonesia. Kegiatan ini menghadirkan Narasumber yaitu Secretary of IFLA’s Regional Standing Committee for Asia Oceania, Dr. Nor Edzan binti Che Nasir, Ketua Umum Asosiasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam (APPTIS), Dr. Labibah Zain, M. LIS, Kepala Pusat Perpustakaan UIN Malang Mufid, M. Hum. dan dimoderatori oleh Sekretaris APPTIS Wilayah Jawa Timur, ibu Ummi Rodlliyah, M. Hum.

“Cara mencapai tujuan dari SDGs, pustakawan sebagai salah satu tenaga pendidik harus jelas dan memiliki prinsip dalam pengelolaan dan pengembangan perpustakaan dalam memberikan literasi dan kualitas edukasi melalui pelayanannya,” tutur Dr. Nor Edzan. Selanjutnya materi yang disampaikan oleh Bapak Mufid, M. Hum perihal peran Perpustakaan UIN Malang yang berkontribusi dalam SDGs, “Saya dan seluruh pengelola Perpustakaan UIN Malang selalu mengembangkan kualitas layanan perpustakaan dan terus berkontribusi dalam literasi informasi kepada akademisi di perguruan tinggi,” jelas beliau

Materi ketiga disampaikan oleh Dr. Labibah Zain, M. LIS tentang Konsep dan Praktik perpustakaan perguruan tinggi dalam mencapai tujuan SDGs. Tak hanya mengelola, Dr. Labibah juga menyampaikan bahwa perpustakaan harus mempunyai dampak positif terhadap masyarakat. “Perpustakaan harus memberikan solusi atas permasalahan di masyarakat sehingga peran dari perpustakaan dalam mengubah hidup seseorang dapat terealisasikan dengan baik sesuai dengan misi utama SDGs dalam poin Kualitas Edukasi,” pungkas beliau (Ferika, Heni KN)

Webinar Internasional 2022
Webinar Internasional “Empowering Academic Libraries for Sustainable Development Goals”
Share.

Comments are closed.