PERPUSTAKAAN PUSAT

UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

PERPUSTAKAAN PUSAT

UIN MAULANA MALIK IBRAHIM

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Pusat Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ini merupakan Peningkatan kemampuan professional secara berkelanjutan bagi pustakawan dan pengelola perpustakaan, dalam rangka menambah pengetahuan berbagai best practice pelayanan yang dikembangkan perpustakaan di perguruan tinggi lain.

Pengembangan Sistem Layanan Perpustakaan di Rumah Ilmu UNNES

UPT Perpustakaan Rumah Ilmu Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang pertama dikunjungi oleh pustakawan dan pengelola perpustakaan UIN Malang, kedatangan disambut oleh Bapak Dr. Yusro Edy Nugroho, S.S., M. Hum (Kepala Perpustakaan), dan didampingi Ibu Retma Inayati Fakhriz, S. S (Pustakawan), Ibu Tri Utami Kusuma Putri, A.Md. (Pustakawan), Ibu Dra. Tuty Ganewati (Sub. Koor bagian tata Usaha), Akhmad Abdul Hakim, S.Pd. (Staf IT) beserta Pustakawan di Rumah Ilmu UNNES. Kegiatan diawali dengan library tour melihat bagaimana sistem layanan baik dari proses peminjaman dan pengembalian koleksi menggunakan teknologi Perpustakaan. Kegiatan selanjutnya berupa diskusi terkait layanan dan berbagai fitur yang tersedia pada website dan sistem automasi. Kegiatan ini dijelaskan  berbagai jurnal yang dilanggan oleh UNNES, salah satunya terdapat jurnal yang dapat diterjemahkan ke dalam bahasa lain sehingga memudahkan mahasiswa dalam mengakses dan menjadikan jurnal sebagai sumber referensi mahasiswa dan sivitas akademika di UNNES.

Pengembangan Sistem Layanan Perpustakaan di Perpustakaan UIN Walisongo

Tujuan selanjutnya yaitu Perpustakaan UIN Walisongo, kedatangan disambut oleh Bapak Umar Falahul Alam, S.Ag., S.S., M. Hum (Kepala Perpustakaan) dan segenap pustakawan yang turut mendampingi selama kegiatan. Diawali dengan library tour, untuk melihat sistem layanan dan menyusuri berbagai ruang dan fasilitas yang tersedia di Perpustakaan UIN Walisongo. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dan sharing bersama, terkait berbagai layanan, salah satunya yaitu layanan online berupa WhatsApp Bot, dengan aplikasi ini pemustaka dapat dengan mudah mendapatkan berbagai informasi terkait layanan perpustakaan, baik berupa informasi pencarian koleksi buku berdasarkan judul buku, pengarang maupun topik, pengajuan bebas tanggungan baik persyaratan, tahapan dan link, informasi perpanjangan peminjaman koleksi secara mandiri, informasi link repository dan informasi layanan rujukan. (Heni KN)

Share.

Comments are closed.