PERPUSTAKAAN PUSAT

UIN MAULANA MALIK IBRAHIM

MALANG

PERPUSTAKAAN PUSAT

UIN MAULANA MALIK IBRAHIM

Pusat Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang melaksanakan kegiatan pengembangan sistem layanan Perpustakaan pada kamis, 23 Juni 2022, kegiatan ini merupakan kegiatan peningkatan kemampuan professional secara berkelanjutan bagi pustakawan dan pengelola perpustakaan, dalam rangka menambah pengetahuan berbagai best practice pelayanan yang dikembangkan perpustakaan di perguruan tinggi lain.

Pengembangan Sistem Layanan Perpustakaan di Rumah Ilmu UNNES

UPT Perpustakaan Rumah Ilmu Universitas Negeri Semarang (UNNES) sebagai perpustakaan pertama yang dikunjungi oleh pustakawan dan pengelola perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, kedatangan disambut oleh Bapak Dr. Yusro Edy Nugroho, S.S., M. Hum (Kepala Perpustakaan), dan didampingi Ibu Retma Inayati Fakhriz, S. S (Pustakawan), Ibu Tri Utami Kusuma Putri, A.Md. (Pustakawan), Ibu Dra. Tuty Ganewati (Sub. Koor bagian tata Usaha), Akhmad Abdul Hakim, S.Pd. (Staf IT) beserta Pustakawan di Rumah Ilmu UNNES. Kegiatan ini diawali dengan library tour melihat bagaimana sistem layanan baik dari proses peminjaman dan pengembalian koleksi menggunakan teknologi Perpustakaan. Kegiatan selanjutnya berupa diskusi terkait layanan dan berbagai fitur yang tersedia pada website dan sistem automasi. Kegiatan ini dijelaskanĀ  berbagai jurnal yang dilanggan oleh UNNES, salah satunya terdapat jurnal yang dapat diterjemahkan ke dalam bahasa lain sehingga memudahkan mahasiswa dalam mengakses dan menjadikan jurnal sebagai sumber referensi mahasiswa dan sivitas akademik di UNNES.

Pengembangan Sistem Layanan Perpustakaan di Perpustakaan UIN Walisongo

Perpustakaan UIN Walisongo menjadi tujuan selanjutnya pada kegiatan pengembangan sistem layanan perpustakaan, kedatangan disambut oleh Bapak Umar Falahul Alam, S.Ag., S.S., M. Hum (Kepala Perpustakaan) dan segenap pustakawan yang turut mendampingi selama kegiatan. Diawali dengan library tour, untuk melihat sistem layanan dan menyusuri berbagai ruang dan fasilitas yang tersedia di Perpustakaan UIN Walisongo. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dan sharing bersama, terkait berbagai layanan yang diberikan kepada pemustaka, salah satunya yaitu layanan online yang tersedia berupa layanan WhatsApp Bot, dimana dengan adanya WhatsApp Bot ini pemustaka dapat dengan mudah mendapatkan berbagai informasi terkait layanan perpustakaan, baik berupa informasi pencarian koleksi buku berdasarkan judul buku, pengarang maupun topik, pengajuan bebas tanggungan baik persyaratan, tahapan dan link, informasi perpanjangan peminajaman koleksi secara mandiri, informasi link repository dan informasi layanan rujukan. Diskusi dan sharing ini berlangsung cukup panjang membahas terkait pengembangan sistem layanan Perpustakaan. (Heni KN)

Share.