PERPUSTAKAAN PUSAT

UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

PERPUSTAKAAN PUSAT

UIN MAULANA MALIK IBRAHIM

Pada Sabtu, 23 Maret 2019, Perpustakaan Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang bekerjasama dengan Wikimedia Indonesia mengadakan pelatihan Wikipedia Bahasa Indonesia “WikiLatih”. Pelatihan ini berlangsung selama kurang lebih 5 (lima) jam dan diikuti oleh lebih dari 20 (dua puluh) peserta. Dalam WikiLatih kali ini ada 3 (tiga) orang pengurus Wikimedia yang berperan sebagai trainer dan fasilitator, yaitu Dimas Hardijanto, Misdianto, dan Amy. Selain diikuti oleh beberapa mahasiswa dari UIN Maulana Malik Ibrahim, pelatihan ini juga menarik perhatian beberapa peserta dari kampus dan instansi lain, baik yang berada di dalam maupun luar kota Malang.

Sebagai salah satu penggerak pengetahuan bebas (open knowledge), Wikipedia sangat bergantung pada kontribusi para relawan atau yang akrab disebut wikipediawan/wati. Mereka lah yang berperan besar dalam meningkatkan jumlah dan kualitas lema yang dibagikan di Wikipedia. Melalui pelatihan ini, diharapkan akan banyak bermunculan para wikipediawan/wati yang mau berbagi informasi dan pengetahuan melalui Wikipedia, khususnya Wikipedia Bahasa Indonesia.

Selain berbagi pengetahuan praktis tentang Wikipedia Bahasa Indonesia, para trainer juga mengajarkan materi-materi dasar kepenulisan. Mereka juga mewanti-wanti para peserta untuk menulis dengan standar yang baik (sesuai EYD), melakukan pengutipan secara benar, dan menghindari plagiasi. Dalam pelatihan ini, para trainer juga menekankan pentingnya menggunakan sumber referensi ilmiah yang terpercaya untuk menulis artikel di Wikipedia. “Meski Wikipedia tidak bisa dikutip, Anda semua bisa menelusur informasi lebih jauh dari referensi yang disediakan oleh wikipediawan. Referensi itu yang bisa Saudara baca dan kutip”, ujar Pak Misdianto atau yang kerap dipanggil Pak Dian.

Menurut materi yang disampaikan oleh Dimas Hardijanto, setidaknya ada 8 (delapan) manfaat yang bisa diperoleh dari Wikipedia, yaitu:

  • “Meningkatkan kemampuan baca-tulis
  • Literasi informasi
  • Belajar menggunakan kutipan dan referensi
  • Mengenal hak cipta
  • Mengasah berpikir kritis
  • Belajar pengkodean
  • Kolaborasi
  • Etika daring” (Wikimedia Indonesia, 2019, p. 19)

Kegiatan “WikiLatih” ini merupakan acara rintisan dan pertama kali diadakan di UIN Malang. Setelah pelatihan ini, Perpustakaan berencana untuk menjalin nota kesepahaman (MoU) dengan pihak Wikimedia Indonesia. Sehingga, di masa mendatang, diharapkan akan ada banyak acara yang dapat digelar dari hasil kerjasama ini. (AZ)

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Share.

Comments are closed.