PERPUSTAKAAN PUSAT

UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

PERPUSTAKAAN PUSAT

UIN MAULANA MALIK IBRAHIM

 

Reakreditasi Perpustakaan Pusat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Sebagai Jembatan Menuju Internasionalisasi Perpustakaan

Selama dua hari, tepatnya pada 28 dan 29 Oktober 2020, Perpustakaan Pusat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menggelar kegiatan reakreditasi perpustakaan berbasis Standar Nasional Perpustakaan (SNP) secara daring. Kegiatan selama dua hari tersebut dihadiri oleh Kepala Perpustakaan Pusat beserta para pegawai dan tim asesor yang berasal dari Lembaga Akreditasi Perpustakaan Nasional (LAPN) yang terdiri atas lima asesor, yaitu Drs. Supriyanto, M.Si, Drs. B. Mustafa, M.Lib, Dra. Sri Sularsih, M.Si., Khusnul Khotimah, SIP, dan Sri Rizki Pudji Lestari, S.Sos. Acara pembukaan juga turut dihadiri oleh rektor, wakil rektor, Lembaga penjaminan Mutu dan para pimpinan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang serta beberapa unsur pemustaka, seperti Sahabat Perpustakaan dan Komunitas BI Corner.

Kegiatan kunjungan ini terasa istimewa karena dilaksanakan bertepatan dengan Dies Maulidiyah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ke-59 pada 28 Oktober 2020 dan hari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW pada keesokan harinya. Oleh karena itu, pembukaan pembukaan akreditasi ini didahului dengan acara khataman al-Qur’an, istighasah, dan pembacaan shawalat Nabi dengan harapan agar cita-cita besar UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menuju Smart Islamic University segera terwujud.

Dalam pidatonya selepas pembacaan shalawat, Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Abdul Haris, M.Ag, berpesan mengenai pentingnya upaya pengembangan Perpustakaan secara berkelanjutan, terutama dalam membangun komunikasi ilmiah (scholarly communication) di perguruan tinggi. “Saya memiliki harapan besar Perpustakaan Pusat dapat menjadi rujukan perpustakaan-perpustakaan yang lain”, tegas beliau.

Sambutan disampaikan oleh tim asesor yang diwakili oleh Drs. Supriyanto, M.Si selaku Plt. Direktur Direktorat Standardisasi dan Akreditasi Perpustakaan Nasional RI. Beliau menyampaikan apresiasinya kepada Perpustakaan Pusat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang atas inisiatifnya untuk melaksanakan reakreditasi sebagai upaya untuk menjamin mutu perpustakaan. Lebih lanjut, beliau menekankan akreditasi sebagai bagian dari bentuk pembinaan kepada seluruh jenis perpustakaan agar dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan standar perpustakaan nasional.

Setelah pembukaan selesai, acara berikutnya adalah pidato sambutan Kepala Perpustakaan, Mufid, M.Hum. Beliau menyampaikan materi profil Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim dan program-program perpustakaan yang telah tercapai selama 3 tahun terakhir dan rencana program di masa yang akan datang. Kepala perpustakaan menyampaikan bahwa inovasi perpustakaan diarahkan untuk menuju perpustakaan Islam cerdas dengan melakukan inovasi dalam bidang smart people, smart services, smart place, dan smart governance. Upaya ini dilakukan untuk menuju internasionalisasi perpustakaan yaitu mendapatkan pengakuan di tingkat regional Asia Tenggara yang terkutuk dalam rencana strategis perpustakaan tahap ketiga tahun 2018 – 2022. Acara berlanjut dengan pengecekan dokumen akreditasi dan bukti fisik oleh tim asesor dan tim penyusun akreditasi.

Pada hari kedua, kunjungan kegiatan diisi dengan tur perpustakaan (library tour) secara virtual. Sembari ‘mengunjungi’ perpustakaan, tim asesor melakukan tanya jawab dengan kepala perpustakaan dan tim pegawai. Tim LAPN melihat perkembangan pesat di Perpustakaan Pusat dengan positif. Hadirnya ruang-ruang sosial (social spaces) dan ruang-ruang belajar kolaboratif yang cukup representatif mendapatkan pujian dari para asesor. Selain itu, para asesor juga mengapresiasi upaya pengembangan tenaga perpustakaan, layanan, dan koleksi yang telah dilakukan oleh Perpustakaan Pusat selama tiga tahun terakhir. Komponen ketiga tersebut menyumbang nilai yang cukup tinggi bersama dengan aspek penguat perpustakaan yang terdiri atas inovasi, keunikan, prestasi, dan pimpinan.

Dalam pemaparan hasil, tim asesor menyatakan bahwa Perpustakaan Pusat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dapat kembali peringkat dengan nilai A plus dan masuk kategori perpustakaan yang layak menjadi contoh. Nilai sementara ini akan dibawa ke Rapat Tim Pusat LAP. Selanjutnya akreditasi kegiatan ditutup oleh Direktur Lembaga Penjaminan Mutu, Dr. Abdul Malik Karim Amrullah. Beliau menyampaikan bahwa capaian cemerlang ini tidak terlepas dari pendampingan LPM sejak tahun 2008 dalam melakukan audit internal setiap tahun penilaian kinerja perpustakaan dan upaya perbaikan dari lapangan. Lebih lanjut, Perpustakaan Jaringan Universitas ASEAN ). Hal ini sesuai dengan rencana strategis universitas menuju universitas Islam cerdas.

Sementara kepala Perpustakaan menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada tim asesor LAPN dan semua pihak, khususnya kepada tim perpustakaan dan para pimpinan yang sangat mendukung terselenggaranya kegiatan reakreditasi ini sehingga berjalan lancar dan sesuai dengan rencana. Lebih lanjut, beliau menyatakan bahwa peningkatan perolehan hasil sementara akreditasi ini merupakan hasil kerja keras seluruh pegawai perpustakaan dan dukungan para pimpinan.

 

Share.

Comments are closed.