PERPUSTAKAAN PUSAT

UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

PERPUSTAKAAN PUSAT

UIN MAULANA MALIK IBRAHIM

Pada Selasa, 31 Januari 2023, ruang pelatihan lantai 1 Pusat Perpustakaan tampak riuh oleh pustakawan dan mahasiswa magang yang antusias ‘bermain-main’ dengan artikel Wikipedia. Bersama dengan Benny Lin dan Hardiansyah dari Wikimedia Indonesia, mereka asyik berlatih menambahkan sejumlah referensi untuk memperkuat artikel-artikel di Wikipedia bahasa Indonesia.

Sebagaimana yang diungkapkan Hardi, panggilan akrab Hardiansyah, #1Lib1Ref (One Librarian, One Reference) merupakan kegiatan internasional untuk menambahkan rujukan ke artikel-artikel Wikipedia yang masih belum memiliki referensi yang memadai. Program ini juga telah mendapatkan dukungan penuh dari IFLA (The International Federation of Library Associations and Institutions) atau Federasi Asosiasi dan Institusi Perpustakaan Internasional. Perpustakaan dan Pustakawan dipandang memiliki kemampuan sekaligus sumber daya untuk bisa menambahkan referensi yang valid di Wikipedia.

Kegiatan ini diikuti oleh 24 pustakawan dan mahasiswa magang dari Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang. Dari kegiatan ini, diharapkan para pustakawan dan calon pustakawan bisa berkontribusi menambahkan referensi di artikel-artikel Wikipedia. Berdasarkan statistik kunjungan, Wikipedia bahasa Indonesia dikunjungi sebanyak kurang lebih 2 milyar pada 2022. Ini menunjukkan bahwa ensiklopedia daring ini menjadi salah satu gerbang informasi akses terbuka terbesar bagi masyarakat Indonesia. (Ari Z)

Lokakarya #1Lib1Ref
Tim Perpustakaan UIN Malang berfoto bersama dengan tim Wikimedia Indonesia

 

Share.

Comments are closed.