PERPUSTAKAAN PUSAT

UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

PERPUSTAKAAN PUSAT

UIN MAULANA MALIK IBRAHIM

Di tengah-tengah wabah COVID-19, Perpustakaan Pusat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang tetap produktif melayani pemustaka, tentu dengan berbagai macam inovasi dan penyesuaian. Beberapa layanan daring akses terbuka yang telah ada sebelumnya, seperti etheses, repository, dan e-resources telah menjadi jujugan bagi warga kampus untuk mengakses produk ilmiah warga kampus UIN Malang yang berlisensi terbuka. Dalam kondisi seperti saat ini, ketiganya menjadi layanan utama bersama dengan jurnal elektronik Emerald dan Springer Nature.

Perpustakaan Pusat juga melakukan kurasi sumber informasi elektronik yang dapat diakses terbuka, baik yang bersifat permanen maupun sementara selama masa pandemi berlaku. Saat ini, banyak penerbit dan penyedia buku elektronik internasional yang membuka akses gratis ke koleksi mereka. Gestur yang baik ini tentu kita terima dengan senang hati. Akses gratis ini akan sangat membantu warga kampus yang sedang bekerja dan belajar di rumah. Pemustaka dapat melihat daftar penerbit tersebut beserta pranala (link) ke pangkalan data mereka dengan mengunjungi bit.ly/layanandaring.

Kami kini juga mengalihkan sepenuhnya layanan bebas tanggungan bagi mahasiswa yang akan lulus ke daring. Konsekuensinya, pengunggahan karya di Etheses beralih dari pengunggahan via petugas menjadi deposit mandiri oleh mahasiswa. Seiring dengan peningkatan volume karya ilmiah yang kami terima dari mahasiswa, tentu kini Perpustakaan memerlukan banyak tenaga untuk mereview dan mengkonfirmasi berkas elektronik tersebut. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Perpustakaan menyelenggarakan pelatihan review tugas akhir bagi para staf yang baru ditunjuk. Selain pelatihan mereview, kami juga terus menyelenggarakan pelatihan lainnya seperti biasa. Bedanya, tentu kini pelatihan sepenuhnya dilakukan secara daring. Pelatihan lainnya antara lain adalah pelatihan mengunggah karya di repositori dan pelatihan pengoperasian Turnitin.

Beragam pelatihan dan program layanan daring yang kami lakukan semoga dapat terus membantu warga kampus, terutama di masa-masa sulit seperti sekarang ini. Teriring doa semoga seluruh keluarga besar UIN Maulana Malik Ibrahim Malang diberikan kesehatan dan kekuatan, di mana pun berada.

Share.

Comments are closed.