Layanan Kartu Sakti Pada FKP2TN

Salah satu fasilitas atau layanan kusus bagi kita yang masih berstatus sebagai sivitas akademika (mahasiswa dan dosen) suatu Perguruan Tinggi, kususnya sebagai sivitas akademika Perguruan Tinggi Negri (PTN), kita mendapatkan fasilitas atau layanan yang dinamakan Kartu Sakti.

Apa itu layanan Kartu Sakti? Kartu sakti adalah sebuah kartu yang dapat kita gunakan sebagai akses untuk memanfaatkan layanan dan koleksi Perpustakaan-perpustakaan Perguruan Tinggi Negri yang tergabung dalam Forum Kegiatan Perpustakaan Perguruan Tinggi Negri (FKP2TN).

Kartu Sakti dapat dimiliki oleh seluruh sivitas akademika (mahasiswa dan dosen) dari perguruan tinggi atau lembaga pendidikan tinggi negri yang menjadi anggota FKP2TN. Kartu ini dapat diperoleh dengan cara mendaftar di perguruan tinggi terdekat anggota forum. Syaratnya cukup mudah, mahasiswa cukup mendaftar dengan menyerahkan;

  1. Fotocopi kartu mahasiswa;
  2. Pasfoto ukuran 2 x 3 atau 3 x 3, 1 lembar;
  3. Biaya administrasi pendaftaran Rp 15.000.

Adapun syarat dan ketentuan untuk memiliki Kartu Sakti ini adalah sebagai berikut:

Masih terdaftar sebagai sivitas akademika (mahasiswa/dosen) dari perguruan tinggi atau lembaga pendidikan tinggi anggota FKP2TN.

Pembuatan Kartu Sakti hanya dapat dilakukan di perpustakaan yang terdaftar atau tergabung sebagai anggota FKP2TN. Kartu ini hanya dapat digunakan oleh yang bersangkutan yang namanya tercantum pada Kartu Sakti tersebut dan tidak dapat dipergunakan oleh orang lain. Masa berlaku Kartu Sakti adalah tiga bulan sejak tanggal disahkan kepemilikannya. Mahasiswa atau dosen dapat mengajukan kepemilikan lagi dengan kartu yang baru setelah kartu yang lama habis masa berlakunya.

Dengan memiliki Kartu Sakti ini, mahasiswa terbebas dari biaya kunjungan ke perpustakaan anggota jaringan forum dan dapat menggunakan fasilitas perpustakaan yang di sediakan. Fasilitas atau layanan yang didapatkan oleh pemegang Kartu Sakti ini antara lain:

  • Dapat berkunjung ke perpustakaan pusat di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang tergabung dalam FKP2TN secara gratis.
  • Dapat memanfaatkan seluruh koleksi/informasi di perpustakaan pusat PTN yang tergabung dalam FKP2TN sesuai ketentuan yang berlaku pada masing-masing perpustakaan anggota FKP2TN.
  • Pemanfaatan koleksi/informasi bagi pemegang Kartu Sakti ini terbatas hanya untuk dimanfaatkan di dalam perpustakaan (baca di tempat dan fotokopi), dan tidak dapat dipinjam pulang.
  • Kartu Sakti hanya berlaku di perpustakaan universitas (perpustakaan pusat), tidak berlaku di perpustakaan fakultas, jurusan, lembaga, atau pusat studi.