Enam Kader el-Zawa Jadi Sahabat Perpustakaan

Pusat Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim yang dikepalai oleh bapak Mufid S,Ag.,S.S.,M.Hum. dan pihak El-Zawa UIN Malang yang diketuai oleh ibu Dr. Hj. Sulalah, M.Ag telah melakukan kerjasama dalam program Sahabat Perpustakaan..

Kerjasama ini merupakan upaya strategis untuk meningkatkan pemanfaatan perpustakaan dalam mendukung peningkatan kualitas studi dan riset oleh para mahasiswa dan dosen UIN Maulana Malik Ibrahim. Pihak El-Zawa mengirimkan beberapa kader mahasiswa semester akhir dari jurusan berbeda yang berjumlah enam orang yaitu: Nurlaila Zhulaikha, Syarifatul Husna, Thariqul Khaira, Eka Rohmatun Nazilah, Habil Abyad dan Mochamad Alfan Khoiron Ababil.

Dari sini, para kader El-Zawa diberikan pembelajaran oleh pihak perpustakaan terkait beberapa hal terkait dengan kepustakaan diantaranya: pengolahan data, pengklarifikasian, dan pengimputan buku agar lebih mudah dicari oleh mahasiswa yang membutuhkan guna untuk menambah referensi atau rujukan dalam menyelesaikan tugas perkuliahan atau tugas akhir bagi yang sedang menyusun skripsi atau thesis.

Selain itu juga bapak Mufid meminta kepada kader El-Zawa untuk membantu dalam pelaksanaan program Perpustakaan sendiri yakni pelatihan atau seminar yang berbasis online. Dari sini para kader El-Zawa dapat membantu menjadi moderator atau host, menyiapkan materi, pembuatan link seminar dan sebagainya. Selain itu kader El-Zawa juga mempunyai program yang ditawarkan kepada pihak perpustakaan, yaitu: (1) membantu mempromosikan perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan memanfaatkan media-media yang ada; (2) membantu dalam menyadarkan mahasiswa terkait pentingnya dunia literatur dan tidak hanya kepada staf perpustakaan dalam penataan buku-buku, pengecekan, dan sebagainya. Bantuan ini diharapkan memberikan dampak positif kepada perpusatakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dalam meningkatkan studi dan riset para mahasiswa dan dapat menjadi contoh perpustakaan lainnya.  (Zila)