PERPUSTAKAAN PUSAT

UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

PERPUSTAKAAN PUSAT

UIN MAULANA MALIK IBRAHIM

Pada Kamis, 10 September 2020, Perpustakaan Pusat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menyelenggarakan rapat koordinasi bersama perwakilan gugus tugas pencegahan penyebaran Covid-19, dr. Christyaji Indradmojo, Sp. EM. Rapat ini secara spesifik membahas persiapan pembukaan kembali layanan fisik di masa pandemi. Dokter Christyaji yang juga merupakan pengajar di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang bertindak sebagai narasumber yang membantu perpustakaan memetakan kebutuhan untuk pembukaan kembali layanan. Dalam paparannya, beliau menyampaikan apa dan bagaimana Covid-19 serta urgensi penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penyebarannya.

“Perpustakaan tentu berbeda dengan mall atau pasar. Demografi pengunjung perpustakaan berbeda dengan tempat-tempat publik tersebut. Memberlakukan jarak fisik di perpustakaan, menurut saya, akan relatif lebih mudah jika dibandingkan di pasar dan mall”, papar dr. Christyaji. Menurutnya, perpustakaan perlu membuat 4 jenis SOP (standard operating procedure) sebelum memutuskan membuka layanan, yaitu SOP terkait dengan pencegahan, mitigasi, tanggap darurat, dan adaptasi baru. Berbekal empat SOP tersebut, perpustakaan bisa menjalankan kembali layanan fisik yang sempat ditutup total selama beberapa waktu.

Beliau juga mengingatkan pentingnya sistem sirkulasi udara di perpustakaan saat ini. Idealnya, perpustakaan menambahkan exhauster fan yang berfungsi membantu kelancaran sistem sirkulasi di gedung perpustakaan. Hal ini penting untuk dipertimbangkan mengingat gedung perpustakaan, terutama lantai 2 dan 3 memiliki sistem sirkulasi yang relatif tertutup atau tidak ada jendela terbuka di depan dan belakang .

Selain berbicara tentang Covid-19, dr. Christyaji juga mengingatkan pentingnya aspek pencegahan penyakit secara umum. Dengan mencegah datangnya penyakit, manusia berkesempatan untuk mengurangi resiko kerugian yang lebih besar. Dengan kondisi tubuh yang sehat, maka manusia memiliki kesempatan untuk menjalani hidup dengan lebih baik. Beliau menjelaskan empat aspek kesehatan yang idealnya dipenuhi oleh setiap manusia sehingga ia mampu berfungsi dan berkontribusi secara maksimal dalam kehidupannya. Empat jenis kesehatan tersebut meliputi kesehatan fisik, psikis, sosial, dan spiritual.

Acara yang berlangsung selama kurang lebih dua jam ini dipandu langsung oleh kepala Perpustakaan Pusat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Bapak Mufid, M.Hum. (AZ)

[/kc_column_text][/kc_column][/kc_row]

Share.

Comments are closed.