PERPUSTAKAAN PUSAT

UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

PERPUSTAKAAN PUSAT

UIN MAULANA MALIK IBRAHIM

Pada Selasa, 12 Agustus 2020, Kepala Perpustakaan dan pustakawan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Bapak Mufid, M.Hum, resmi dilantik sebagai Ketua Asosiasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam (APPTIS) Jawa Timur periode 2019-2023. Dalam pelantikan yang dilangsungkan secara daring tersebut, Bapak Mufid menyampaikan fokus APPTIS Jatim pada periode kedua ini. Beliau menekankan bahwa pada periode kepengurusannya ini, APPTIS Jatim akan berfokus pada penguatan layanan perpustakaan (service reinforcement stage). Penguatan ini meliputi beberapa aspek, yaitu: perluasan akses dan ketersediaan sumber-sumber informasi ilmiah elektronik, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pustakawan, dan melakukan advokasi dan literasi digital kepada masyarakat pengguna, di samping untuk tetap melanjutkan program-program yang sedang berjalan. Pada kesempatan tersebut, sebanyak 9 (sembilan) staf perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang juga dilantik menjadi pengurus. Berikut nama-nama mereka:
  1. Mufid, M.Hum (Kepala Perpustakaan) dilantik sebagai ketua umum
  2. Faizuddin Harliansyah, MIM (pustakawan, Kepala Perpustakaan periode 2013-2019) dilantik sebagai anggota dewan pembina
  3. Ari Zuntriana, MA (pustakawan) dilantik sebagai ketua bidang penelitian dan publikasi
  4. Wahyuningtyas, A.Md (pustakawan) dilantik sebagai anggota bidang penguatan organisasi dan advokasi
  5. Heni Kurnia Ningsih, SIP (pustakawan) dilantik sebagai anggota bidang pengembangan sumber daya manusia
  6. Indar Ristamonika Erdiana, S.Hum (pustakawan) dilantik sebagai anggota bidang pengembangan sumber daya manusia
  7. Dian Anesti, S.Sos (pustakawan) dilantik sebagai anggota bidang penelitian dan publikasi
  8. Zulaikha, A.Md (pustakawan) dilantik sebagai anggota bidang promosi dan kerja sama
  9. Alexander Malik Hidayatullah, S.Kom (staf TI) dilantik sebagai anggota bidang teknologi informasi
Acara pelantikan pengurus ini dilanjutkan dengan seminar nasional yang mengangkat penerapan lisensi konten terbuka Creative Commons untuk karya ilmiah dengan narasumber dari unsur pustakawan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Ari Zuntriana, MA. Kegiatan webinar ini diiikuti oleh sebanyak kurang lebih 300 peserta dari seluruh penjuru Indonesia.  
Share.

Comments are closed.